Frequently Asked Question

Cara Recall Email Outlook Dengan Mudah
Last Updated a year ago

Recall email adalah proses memanggil atau menarik kembali email yang telah dikirimkan. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara recall email Outlook dengan mudah.

Email merupakan salah satu media untuk komunikasi yang banyak digunakan di era modern ini. Banyak platform yang dapat digunakan untuk pengelolaan email, baik yang berbasis website, maupun aplikasi di komputer atau perangkat mobile. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah Microsoft outlook.

Dalam pengelolaan email tentunya anda dapat menjumpai sejumlah problem, salah satu yang sering terjadi adalah salah kirim email. Lalu apa yang harus dilakukan saat hal tersebut terjadi?

Apabila anda menggunakan aplikasi Microsoft Outlook, anda dapat menggunakan fitur recall email yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Apa itu Recall Email

Recall dapat diartikan memanggil kembali, dalam hal pengiriman email recall diartikan menarik kembali email yang sudah dikirimkan. Dengan melakukan recall email, email yang dikirimkan dapat terhapus di akun email penerima dengan catatan email yang dikirimkan tersebut belum dibaca oleh penerima email dan penerima email juga menggunakan email dari layanan Microsoft.

Apabila email tujuan tidak menggunakan layanan Microsoft, maka email yang direcall tidak dihapus namun mendapatkan pesan baru dengan tambahan subject recall, sesuai screenshot berikut.

image

Lalu bagaimana cara recall email di outlook? Simak penjelasan berikut ini!

Cara recall email Outlook

Pada panduan ini, kami menggunakan aplikasi Microsoft Outlook 2019 untuk mendemokan cara recall email di Outlook. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silahkan buka aplikasi outlook yang digunakan, dan klik pada folder sent item.
image

2. Kemudian klik 2 kali pada email yang ingin di recall. Kemudian anda akan diarahkan ke jendela baru yang menampilkan isi email yang anda pilih.

3. Setelah jendela baru email muncul, silahkan klik action kemudian klik recall this message.

image

4. Kemudian akan muncul opsi recall yang ingin dilakukan seperti gambar berikut.

image

Terdapat 2 opsi recall yang dapat dilakukan, yaitu Delete unread copies of this message, dan Delete unread copies and replace with a new message. Perbedaan kedua opsi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Delete unread copies of this message : Opsi ini digunakan apabila anda ingin menarik kembali email tanpa mengubah isi email yang dikirimkan. Apabila anda memilih opsi ini, maka anda akan diarahkan ke edit pesan, agar anda dapat mengubah pesan yang anda kirimkan.
  • Delete unread copies and replace with a new message : Opsi ini digunakan apabila anda ingin menarik kembali email, dan melakukan perubahan pada isi email yang dikirimkan.

5. Kemudian checklist juga pada opsi “Tell me if recall succeeds or fails for each recipient”, agar anda mendapatkan informasi terkait proses recall yang dilakukan apakah berhasil atau tidak.

Proses recall sudah selesai. Bagaimana cukup mudah bukan untuk melakukan recall email dengan menggunakan aplikasi outlook?

Demikian panduan kami tentang cara recall email Outlook, semoga bermanfaat.  (S)

Please Wait!

Please wait... it will take a second!